Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI

Kanwil Kemenkumham NTB Upayakan Peningkatan Layanan Keimigrasian Melalui SIPKUMHAM

 WhatsApp_Image_2024-10-09_at_16.12.25_02137d5b.jpg

ntb.kemenkumham.go.id – Sebagaimana diketahui, Sistem Informasi Penelitian Hukum dan HAM (SIPKUMHAM) diinisiasi oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Hukum dan HAM yang bertujuan untuk mendukung pengembangan serta penelitian, analisis dan pengambilan keputusan terkait permasalahan yang terjadi pada pelayanan publik di lingkungan Kemenkumham.

Untuk itu, dalam rangka membahas kajian SIPKUMHAM, Rabu (09/10) Bidang HAM Kanwil Kemenkumham NTB hadir di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar terkait layanan keimigrasian yang diberikan.

“SIPKUMHAM merupakan sistem informasi Kemenkumham yang mampu memberikan data dan informasi secara akurat, reliabel, relevan dan cepat. Data dan informasi yang dimaksud akan dapat digunakan baik untuk kepentingan internal Kemenkumham maupun kepentingan publik,” ungkap Kasubbid Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan Hukum dan HAM, Indra Firmansyah. Indra juga didampingi oleh Kasubbid Pemajuan HAM Supardan , Staf Subbid BSK Dewa Kayan Sujana serta Lalu Supriyandi.

Sedangkan Kasi Intelijen dan Penindakan Berie Januar Pratama Sarbini selaku Plh. Kakanim dan Kasubbag TU Edi Sukriawan menerangkan bahwa saat ini layanan keimgrasian berjalan baik dan lancar. Namun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

“Aplikasi M-Paspor masih terdapat kendala yakni perlu ada pemerataan kuota dalam pembuatan paspor. Sehingga banyak pemohon paspor yang tidak mendapatkan kuota aplikasi M-Paspor,” tegas Berie Januar. Dirinya juga menambahkan, selain itu perlu adanya perluasan informasi publik terkait syarat dan tata cara pembuatan paspor bagi masyarakat.

Pengumpulan data lapangan kali ini menggunakan teknik wawancara serta kuesioner. Mulai dari layanan paspor, data penegakan hukum keimigrasian baik pelanggaran keimigrasian dan pengawasan keimigrasian, serta proses Tindakan Administratif Keimigrasian bagi WNA yang melanggar hukum.

Kemudian hasil dari kuesioner dan pengambilan data lapangan tersebut nantinya akan di analisis dan dijadikan rekomendasi dalam penyusunan kebijakan di tingkat pemangku kebijakan. Indra Firmansyah menambahkan, penerapan layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi semacam aplikasi SIPKUMHAM merupakan bagian dari revolusi birokrasi digital Kemenkumham.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenkumham NTB Parlindungan telah menyampaikan hal serupa. Dengan kajian SIPKUMHAM ini, dapat mendukung peningkatan kualitas penelitian terkait Hukum dan HAM dengan data yang memadai. Sehingga kendala yang terjadi di lapangan dapat segera ditindaklanjuti dengan kebijakan yang relevan, konstruktif serta menguntungkan publik. (Huda)

WhatsApp_Image_2024-10-09_at_16.12.23_b8824aef.jpg

WhatsApp_Image_2024-10-09_at_16.12.24_2b80c14f.jpg

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM RI
PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Majapahit No. 44 Mataram, Kelurahan Sekarbela, Kota Mataram - NTB 83127
PikPng.com phone icon png 604605   + 0818-182-444
PikPng.com email png 581646    kanwilntb@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    humas.kemenkumntb@gmail.com

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUM RI
NUSA TENGGARA BARAT


facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   Youtube kemenkumham

PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Majapahit No. 44 Mataram
Kota Mataram-Nusa Tenggara Barat 83127
PikPng.com phone icon png 604605   0370-7856244
PikPng.com email png 581646   humas.kemenkumntb@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kementerian Hukum RI